VJ singkatan dari,"V
ersuchs j Ager", ( dalam bahasa Jerman "Eksperimental Fighter").
Pesawat ini menjadi dasar untuk pengganti F-104 Starfighter G, namun dibatalkan
pada tahun 1968 setelah tes tahun kelima rogram. VJ 101 adalah salah satu yang
pertama desain V / STOL memiliki potensi untuk pada kecepatan Mach 2.
Desain dan pembangunan
Heinkel and Messerschmitt
had developed designs to meet the requirements of VTOL flight and by 1959, the
two companies, along with Bölkow , had created a joint venture company called
EWR , to build the VJ 101 C. The new proposal merged the characteristics of
earlier Bölkow, Heinkel and Messerschmitt designs into a sleek, streamlined
platform.
Heinkel dan Messerschmitt
telah mengembangkan desain untuk memenuhi persyaratan penerbangan VTOL dan
1959, kedua perusahaan, bersama dengan Bölkow , telah menciptakan sebuah
perusahaan patungan bernama EWR , untuk membangun VJ 101 C. Usulan baru
menggabungkan karakteristik Bölkow sebelumnya , Desain Heinkel dan desain
Messerschmitt menjadi sebuah platform, yang ramping dan efisien.
VJ 101 mirip dalam
penampilan dengan Bell XF-109 , baik putaran mesin nacelles di ujung sayap.
Selain mesin ujung sayap,
dua mesin jet yang lain dipasang di pesawat untuk melengkapi mesin utama dalam
penerbangan. Untuk menguji konsep, EWR membangun sebuah rig tes disebut Wippe
(jungkat-jungkit) pada tahun 1960 awal.
Perangkat sederhana yang
tergabung kokpit dasar pada balok horisontal dengan mengangkat
"mesin" dipasang secara vertikal di pusat tes tunggal-sumbu awal dari
sistem kontrol. [2] kemudian "rig hover" dibangun yang memiliki
kerangka pesawat VJ 101C dengan tiga mesin Roll Royce RB108 dipasang pada
posisi yang diperkirakan akan mencapai puncak efisiensi penerbangan
Mesin kecil masing-masing
memiliki 2.100 lbf (9,3 kN) daaya dorong, cukup untuk mengangkat rig uji.
Setelah pengujian awal Mei
1961 dari kolom teleskopik, rig baru bisa "terbang" dalam penerbangan
bebas Maret 1962.Pengujian tambahan dengan "kulit" sayap pesawat
simulasi dan terbukti berhasil (menunjukkan kontrol memuaskan di semua musim
dan kondisi cuaca).
Pengujian dan evaluasi
Dua prototip dibangun: X-1
dan X-2.Pada tanggal 10 April 1963, X-1 melakukan penerbangan pertama .Transisi
pertama dari terbang melayang ke penerbangan horizontal berlangsung pada
tanggal 20 September 1963. VJ 101C X-1
terbang dalam 40 penerbangan aerodinamis, 24 penerbangan hover dan 14 transisi
penuh.
Selama tes ini hambatan
suara rusak, untuk pertama kalinya oleh lepas landas pesawat vertikal, tetapi
pada 14 September 1964 cacat di autopilot menyebabkan crash. Pada tanggal 29
Juli 1964 VJ 101 C terbang dengan kecepatan Mach 1,04 tanpa menggunakan
afterburner .
X2 prototipe kedua dengan
autopilot baru membuat transisi yang sukses pada tanggal 22 Oktober 1965.
Tes ini kemudian dilanjutkan
dengan X,-2 yang berbeda dengan X-1 yang mempunyai afterburner. Namun proyek
ini dibatalkan pada tahun 1968.
VJ 101 D Mach 2 interceptor
diusulkan namun tidak pernah dibangun.VJ 101 CX 2 hari ini terbengkali di
Deutsches Museum Munich .
Meskipun VJ 101C tidak
melanjutkan ke status produksi, proyek-proyek lain termasuk Mirage IIIV ,
Hawker P.1154 (paralel supersonik yang akan menjadi Hawker Siddeley Harrier )
dan banyak kemudian F-35 Lightning II menunjukkan janji dari performa VTOL
Fighters.
Spesifikasi (VJ 101C X-2)
Data dari Macdonald Aircraft
Handbook
Karakteristik umum
* Kru : 1
* Panjang : 15,7 m (51 ft 6
in)
* Lebar sayap : 6,61 m (21
ft 8 in)
* Tinggi : 4,1 m (13 ft 6 in)
* Max berat lepas landas :
6.100 kg (13.420 £)
* Mesin : 6 × Rolls-Royce
RB145 turbojet , 12.2 kN (2.750 lbf) masing-masing
Kinerja
* Kecepatan maksimum : Mach
1,04
Pesawat sebanding
* Bell XF-109 Bell XF-109
VJ singkatan dari,"V ersuchs j Ager", ( dalam bahasa Jerman "Eksperimental Fighter"). Pesawat ini menjadi dasar untuk pengganti F-104 Starfighter G, namun dibatalkan pada tahun 1968 setelah tes tahun kelima rogram. VJ 101 adalah salah satu yang pertama desain V / STOL memiliki potensi untuk pada kecepatan Mach 2.
No comments:
Post a Comment