Thursday 30 April 2015

Jenis Makanan yang Pantang di Konsumsi Ibu Hamil


Dalam kondisi hamil, memang banyak pantangan yang harus dihindari agar proses hamil berjalan lancar. Mulai dari pola tidur, pola makan, pola olahraga, pola berpikir harus dijaga sesuai dengan aturan. Memeriksakan ke dokter menjadi hal wajib agar kandungan ibu hamil tetap terjaga tidak ada masalah.

Bagi wanita hamil, terkadang masalah makanan menjadi tantangan tersendiri. Wanita yang sedang hamil terkadang akan mengalami keinginan memakan sesuatu yang berlebih, bahkan jika anda sebelumnya adalah wanita yang suka dengan makanan maka masa kehamilan akan menjadi masa tersulit bagi anda. Karena untuk menjaga kesehatan kandungan buah hati anda, anda akan selalu mendapat banyak pantangan dalam hal makanan. Berikut adalah beberapa makanan yang harus anda hindari ketika anda hamil berikut dengan ulasan singkatnya.

1. Makanan yang mengandung pemanis buatan

Makanan yang mengandung pemanis buatan ternyata adalah salah satu jenis makanan yang perlu dihindari bagi wanita hamil. Walaupun sejumlah pakar belum menemukan efek samping yang parah. Namun kandungan pemanis buatan ini tetap berbahaya bagi perkembangan janin anda. Jika anda terpaksa harus mengonsumsi, anda bisa mengonsumsi dengan batas wajar yang sesuai dengan anjuran dokter. Namun biasanya hanya sebatas sakarin, aspartam, serta splenda masih boleh dikonsumsi.

2. Pangan mentah atau setengah matang

Makanan mentah seperti ini sangat-sangat dilarang untuk dikonsumsi wanita hamil. Makanan jenis seperti ini akan mudah sekali tercemar penyakit seperti kuman atau kotoran yang bisa menyebabkan infeksi pada kandungan anda. Seperti bakteri Listeria yang bisa menyebabkan hal fatal keguguran janin atau meninggal dalam kandungan. Parasit Toksoplasma yang bisa menyebabkan janin anda terlahir dengan abnormal atau cacad. Bakteri E. coli yang bisa menyebabkan kerusakan pada usus dan ginjal anda.

3. Makanan laut atau seafood

Makanan laut sebenarnya baik untuk kandungan, namun anda harus berhati-hati dengan makanan laut atau seafood yang mengandung logam merkuri yang berkadar tinggi. Hal ini akan mengakibatkan pertumbuhan saraf janin anda terhambat. Sisi positif seafood seperti makanan yang mengandung Protein, zat besi, serta asam lemak omega-3 bisa membantu meningkatkan perkembangan otak bayi anda. Bahkan dari beberapa penelitian, kekurangan makanan laut ketika dalam masa hamil akan dapat melemahkan sistem verbal dan gangguan perilaku yang menyebabkan masalah pada tumbuh kembang anak. Pilihan yang paling aman ketika anda hamil adalah dengan mengonsumsi ikan Salmon dan pilihlah yang paling segar dan tidak diternakkan. Namun tetap batasi konsumsi anda hanya sampai 170g per minggunya. Tetapi untuk seafood seperti sushi mentah, seafood yang diasapkan, Ikan hiu harus anda hindari. Karena jenis-jenis ikan seperti ini telah terkena polusi dari air laut yang sangat berbahaya bagi perkembangan janin anda.

No comments:

Post a Comment