Thursday 30 April 2015

Bahaya Tidur Memakai Kipas Angin


Ketika tidur di malam hari dengan udara yang sangat panas tentunya sangat nyaman jika kita tidur dengan kipas angin sungguh sangat nyaman pastinya, namun banyak orang yang tidak tahu jika tidur dengan kipas angin menyala terus bisa berbahaya bagi kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian. Akan tetapi jangan salah. Banyak sekali bahaya yang didapat jika kita tidur memakai kipas angin.

Dan ternyata banyak sekali bahaya yang dapat mendatangi akibat kebiasan buruk yang saya lakukan. Ini dia beberapa bahaya tidur menggunakan kipas angin, yaitu :

1. Kekurangan Oksigen

Bahaya yang pertama jika tidur mengunakan kipas angin adalah jika kita mengarahkan kipas angin langsung pada muka maka udara kipas yang bergerak membuat sirkulasi udara segar disekitar ruangan tidak terjadi apa lagi ruangan kamar tidak ada ventilasinya maka akan menjadi semakin parah.

2. Penurunan suhu tubuh

Jika suhu tubuh turun secara drastis tentunya tidak baik untuk kesehatan. Penurunan suhu tubuh akibat keringat yang akan keluar terhalang oleh pori-pori yang mengerut akibat merasakan dingin dari kipas angin.

3. Kekurangan air dan hipotermia

Tidur mengunakan kipas angin secara lama juga bisa menyebabkan tubuh kekurangan air dan mengalami kedinginan yang berlebihan.

4. Kaku otot

Ketika saya bangun otot-otot di tubuh terasa kaku dan rasanya sangat tidak enak di tubuh.

5. Badan menjadi tidak bugar

Tiap kali bangun tidur badan akan menjadi tidak bugar. Malahan seringkali badan rasanya menjadi lemas dan kaku.

6. Mudah sakit

Karena keringat yang tidak keluar dengan sempurna malahan akan menjadi penyakit dan membuat badan tidak merasa enak. Bisa-bisa terkena masuk angin.

7. Sesak nafas

Bisa terjadi sesak nafas bila kipas diarahkan terus menerus ke muka kita karena, oksigen akan susah kita hirup dengan adanya hebusan angin yang sangat kencang ke badan kita. Sedikit tips untuk mencegah sesak nafas karena angin menyala sepanjang malam, setel timer 15 – 30 menit saat mulai beranjak tidur. Kemudian arah angin pada kipas harus diputar agar angin yang mengarah ke tubuh kita tidak terlalu besar.

Banyak sekali bahaya yang dapat kita alami jika kebiasaan buruk in terus kita lakukan. Maka dari itu jangan terlalu sering menggunakan kipas angin saat tidur dan jika ingin menggunakan perhatikan hal-hal yang ada diatas. Sedikit informasi. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://www.kabarmaya.com/2714804-bahayanya-kita-tidur-memakai-kipas-angin.html

No comments:

Post a Comment