Sunday 7 June 2015

15 Manfaat petai bagi kesehatan


Petai pada umumnya diambil ketika masih muda atau sudah tua, dan biasa dimasak dengan sambal, kuah santan, oseng-oseng, sampai dimakan mentah sebagai lalapan. Banyak orang sangat menyukai buah sayur ini, namun tidak sedikit pula yang anti makan petai. Bau kuat yang khas pada petai memang telah menimbulkan banyak kontroversial.


Petai ( Parkia speciosa ) menurut wikipedia, merupakan pohon tropis dari suku polong-polongan ( Fabaceae ), dan banyak tersebar di daerah Indonesia bagian barat. Pohon petai umumnya dapat mencapai ketinggian 20 meter, dan tidak banyak memiliki cabang. Petai adalah termasuk tanaman yang berbuah musiman, dan mulai banyak tersedia ketika memasuki bulan desember- januari.

Petai diketahui mengandungi tiga jenis gula, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa, dan juga mengandung serat makanan. Karena mengandung gula, menjadikan petai adalah makanan yang baik untuk menambah tenaga. Dengan demikian, tak heran jika petai banyak dimanfaatkan sebagai makanan tambahan untuk para olahragawan. Bukan hanya itu yang menjadikan petai baik untuk kesehatan, karena Ia juga dapat membantu mengatasi atau menghambat beberapa penyakit dan kondisi kesehatan lain.


Berikut manfaat petai bagi kesehatan tubuh manusia :

1. Meningkatkan mood

Anda mengalami penurunan mood, dan selalu merasa susah dan bersedih?. Menurut penelitian yang dilakukan kepada orang yang mengalami penurunan suasana hati, lebih banyak dari mereka yang kembali pulih setelah makan petai. Hal ini karena petai mengandungi tryptophan, yaitu sejenis protein yang mencetuskan hormon serotonin, yang telah dikenal dapat membuat orang menjadi rileks, meningkatkan mood, dan akhirnya membuat perasaan gembira.

2. Sindrom pramenstruasi ( PMS )

Lupakan lah obat-obatan kimia untuk mengatasi sindrom pra menstruasi, dan beralihlah dengan makan petai. Vitamin B6 yang terkandung dalam petai mampu menetralkan glukosa dalam darah, yang juga akan meningkatkan mood.

3. Anemia

Petai mengandung Zat besi yang tinggi, sehingga akan merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah. Dengan demikian, makanlah petai jika Anda mengalami gejala kurang darah atau anemia.

4. Tekanan darah

Buah tropik yang satu ini juga sangat tinggi mengandung kalium, namun rendah garam. dengan demikian, petai sangat baik untuk dimakan oleh penderita tekanan darah tinggi. US Food and Drug Administration telah membenarkan, jika petai adalah buah yang dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

5. Otak

200 pelajar di sebuah sekolah di Twickenham telah membantu uji penelitian dengan makan petai saat  sarapan dan makan tengah hari dalam usaha untuk meningkatkan kemampuan otak mereka. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa kalium yang banyak terdapat dalam petai yang membantu para pelajar menjadi lebih peka.

6. Sembelit

Petai Tinggi serat, sehingga memasukkan petai kedalam diet akan membantu kesehatan pencernaan. Serat sangat dibutuhkan usus untuk membantu proses makanan, sehingga lebih cepat dikeluarkan dari tubuh. Dengan demikian, sembelit akan jauh dari kita jika suka makan petai.

7. Kecapekan

Karena petai mengandung 3 jenis gula seperti yang telah disebutkan diatas, maka ia juga dapat membantu mengatasi rasa kelelahan ketika kita sedang beraktifitas fisik.

8. Menenangkan Saraf

Petai tinggi mengandung vitamin B, yaitu yang dapat membantu menenangkan sistem saraf. Dengan demikian, perasaan rileks bisa segera Anda rasakan sehabis melakukan tugas rutin pekerjaan Anda.

9. Maag

Petai juga dapat digunakan sebagai makanan untuk penderita gangguan lambung karena  bersifat lembut. Petai adalah satu-satunya buah yang boleh dimakan mentah oleh penderita maag kronis. Buah ini mampu menetralkan kelebihan asam, dan akan mengurangi iritasi dengan memberi lapisan dinding lambung.

10. Mengurangi efek buruk Merokok

Petai juga akan membantu orang yang mencoba untuk berhenti merokok. Vitamin B6, B12, kalium dan magnesium yang terdapat dalam petai akan membantu memulihkan paru-paru akibat efek buruk zat nikotin.

11. Depresi

Kalium merupakan elektrolit penting bagi kesehatan, karena membantu menormalkan detak jantung, menyuplai oksigen ke otak, serta menyeimbangkan kadar air dalam tubuh. Apabila kita sedang depresi, maka kadar metabolisme kita akan meningkat dan akan mengurangi kadar kalium dalam darah. Petai tinggi kalium, sehingga bagus untuk membantu sistem metabolisme dan mengatasi depresi. Baca: Kegunaaan Kalium bagi kesehatan Tubuh Manusia Disini

12. Stroke

Menurut ulasan “The New England Journal of Medicine” , makan petai sebagai bagian dari  diet teratur dapat mengurangi risiko kematian akibat strok hingga 40%.

13. Awet muda

Petai tinggi mengandung protein yang berguna untuk meregenerasi kulit, sehingga akan membantu kita agar awet muda. Bahkan petai diimpor, dan menurut informasi akan dijadikan sebagai bahan kosmetik disana.

14. Cacingan

Mungkin karena kandungan belerang dan tanin didalam petai, sehingga buah ini merupakan makanan yang efektif untuk mengatasi masalah cacingan. Cacing perut seperti cacing kremi dll akan mati atau segera keluar dari perut kita.

15. Menambah nafsu makan

Jika Anda mengalami penurunan nafsu makan, maka petai mungkin dapat membantu Anda. Banyak orang telah membuktikan, jika selera makan mereka meningkat jika makan bersama petai dalam banyak cara.

28 comments:

  1. tapi inget meskipun bermanfaat konsumsi petai jangan berlebihan Buah Untuk Memutihkan Kulit Wajah

    ReplyDelete
  2. nice.. thanks for of information you have provided. Visit me too at obat pengering luka diabetes gangren tradisional

    ReplyDelete
  3. artikel yang anda buat ini menambah inspirasi saya untuk membuat artikel obat asam urat dan rematik yang lebih baik di kemudian hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. As I website possessor I believe the content material here is rattling fantastic , appreciate it for your efforts. You should keep it up forever! Best of luck.
      Tangki Fiberglass
      Jual Septic Tank
      Jual Tangki Kimia
      Jual Talang Fiber
      Jual Rotameter
      Tangki Panel
      jual mesin ro

      Delete
  4. the information you share is very rewarding and inspiring me to make the article better obat sakit virgit

    ReplyDelete
  5. I will strive to provide or prepare a better article again as tips menurunkan demam pada anak secara alami

    ReplyDelete
  6. nice information, thanks for share bagi anda yang ingin bertanya seputar kesehatan dan penyakit serta obat obatan herbal anda dapat mencari dan bertanya di Tanya herbal atau anda sedang mencari Cara Melangsingkan Perut Setelah Operasi Caesar atau informasi tentang batuk berdarah dan cara penyembuhannya

    ReplyDelete
  7. Cara Mencegah Penyakit Ayan Anak dan Dewasa Jika tanda-tanda penderita akan mengalami kejang-kejang maka suruhlah dia menelan 1 atau 2 sendok teh garam serta menghirup aroma bau bawang putih yang sudah ditumbuk halus.

    ReplyDelete
  8. I am very happy to visit your website. Information given is helpful and very interesting to see.You can also find interesting information about health here. The one of it is khasiat kayu manis

    ReplyDelete
  9. very nice what you say. said, polished and elegant very, very good. To view website you is very nice, definitely take the time to make a success like this.
    emping adalah penyebab asam urat
    makanan yang sehat untuk tulang
    obat hidung tersumbat karena penyakit
    obat pembesar payudara

    ReplyDelete
  10. thank for to information, thanks to your article. Thank you, I've recently been searching for information about this topic for a while and yours is the greatest I have found out so far. berikut ini adalah artikel yang membahas tentang Agen Vig Power Capsule Yogyakarta || Resep Obat Agar Penis Keras dan Tahan Lama || Ejakulasi Dini || Obat Penambah Sperma || Obat Pembangkit Girah Seksual || semoga bisa berguna dan dimanfaatkan dengan baik. Atas kekurangannya saya ucapkan mohon maaf, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.. hee

    ReplyDelete
  11. Cara Membuat Jus Buah Untuk Mengobati Kanker Rahim Good article so interesting and if you visit back i say so thank you brother.

    ReplyDelete
  12. Cara Mengobati Miom
    Miom merupakan jenis tumor jinak yang tidak bisa Anda sepelekan begitu saja, maka dari itu segeralah untuk mengobatiny jika Anda memiliki keluhan penyakit miom baik dengan cara medis atau cara alternatif herbal dengan QnC Jelly Gamat Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  13. Obat Herbal Miom QnC Jelly Gamat
    Bagi Anda yang sedang mengalami keluhan penyakit miom kami merekomendasikan QnC Jelly Gamat yang terbuat dari teripang emas spesies terbaik yang diformulasikan khusus untuk mengobati penyakit miom.

    ReplyDelete