Thursday 30 April 2015

5 Alasan, Mengapa Kita Wajib Makan Pagi


Kalian yang pada umumnya anak kost maupun orang kantoran, pasti tidak akan ada waktu untuk sarapan. Hal ini dikarenakan deadline masuk kerja jam 7 tepat. Sebagian orang banyak mengabaikan hal ini, akibatnya waktu sarapan sebagai hal yang tidak penting. Jika anda juga termasuk tipe orang yang seperti ini, segera hentikan. Hal ini karena tubuh kita memerlukan asupan energi yang cukup dengan makan secara teratur yakni sebanyak 3 kali sehari, termasuk juga di pagi hari. Dan ternyata, waktu makan yang paling penting bagi tubuh kita adalah makan pagi alias sarapan. Sarapan memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung aktivitas harian kamu.

1. Sarapan pagi menurunkan resiko obesitas

Bukan berarti kalau kalian sarapan pagi, berat badan kalian akan bertambah. Dengan sarapan teratur memang sudah terbukti dapat menjauhkan kamu dari yang namanya kegemukan atau obesitas. Fakta ini telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian yang menyatakan bahwa orang yang melewatkan sarapan cenderung memiliki resiko 4 kali lebih tinggi untuk terkena obesitas dibandingkan dengan mereka yang selalu sarapan pagi. Hal ini bertujuan untuk mencegah rasa lapar berlebih di siang hari yang membuat kamu sulit untuk menahan diri untuk tidak makan dalam jumlah yang banyak.

2. Menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya

Rajin sarapan di pagi hari juga dapat menjauhkan kamu dari penyakit yang berbahaya seperti diabetes dan penyakit jantung. Sebuah jurnal tahunan dari American Heart Association menunjukkan bahwa orang yang malas untuk sarapan cenderung memiliki kadar gula darah dan kolesterol yang tinggi dibandingkan mereka yang rajin sarapan. Seperti yang kita ketahui, kolesterol yang tinggi merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung.

3. Sarapan membuat kamu jadi lebih bersemangat dan berenergi

Perbedaan aktivitas sangat terlihat ketika kamu melakukan makan pagi. Makan pagi atau sarapan menjadi waktu makan yang paling penting dan sama sekali tidak boleh kita lewatkan. Hal ini karena tubuh membutuhkan sumber energi untuk dapat beraktivitas sepanjang hari. Kamu bisa membandingkan sendiri bagaimana semangat kerja kamu saat tidak sarapan dengan saat sarapan. Pastinya kamu akan merasa lebih bersemangat dan memiliki lebih banyak energi untuk menyelesaikan semua pekerjaan saat kamu tidak melewatkan sarapan.

Pilihan menu makanan yang memiliki karbohidrat komplek dan kaya akan kandungan seratnya. Seperti oatmeal, roti gandum atau sereal. Jangan lupa juga tambahkan menu makanan yang ada kandungan protein dan kalsiumnya, segelas susu dan sebutir telur rebus setengah matang.

4. Meningkatkan kinerja otak dan konsentrasi

Inilah poin paling penting alasan kenapa kita harus sarapan pagi. Otak didalam bekerja membutuhkan pasukan nutrisi terutama glukosa untuk bekerja secara optimal. Terkadang kita sulit berkonsentrasi karena kita sebelumnya pada keadaan kondisi perut kosong. Hindari makan pagi dengan makanan yang mempunyai kadar kalori yang tinggi, karena itu sebagai penurun kinerja otak.

5. Meningkatkan sistem imun

Dengan sarapan yang teratur kita akan terhindar dari berbagai virus dan bakteri penyebab timbulnya penyakit. Dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan pagi dapat meningkatkan daya kekebalan tubuh (system imun). Hal ini dikarenakan sarapan dapat meningkatkan kinerja hormon dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja sel – sel kekebalan tubuh.

Sistem imun yang rendah tentunya membuat kita rentan terkena penyakit yang diakibatkan oleh virus seperti flu dan batuk. Oleh karena itu, mulailah untuk sarapan teratur agar tubuh kamu tidak mudah kalah dengan serangan virus dan bakteri.

Dari poin-poin di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sarapan teratur dapat membuat kita lebih sehat dan aktif, yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan kualitas hidup dan umur kita. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang mampu bertahan hidup hingga umur 100 tahun adalah mereka yang selalu sarapan pagi dengan teratur.

Sumber : http://www.kabarmaya.com/2714606-5-alasan-mengapa-kalian-wajib-makan-pagi.html

No comments:

Post a Comment