Thursday 30 April 2015

5 Perilaku yang Dapat Mengganggu Fungsi Mata


Salah satu Indera paling berharga yang kita punya adalah indera penglihatan, mata sebagai alat untuk melihat di berikan kepada kita untuk di jaga.

Seiring bertambahnya waktu terkadang indera penglihatan kita terganggu dan memerlukan alat bantu seperti kacamata.

Ternyata ada kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan yang bisa membuat mata kita rusak dan kebiasaan itu adalah :

1. Mengucek mata

Kebiasaan mengucek mata sering di lakukan ketika kita merasa gatal, dan tanpa sadar sering mengucek mata tanpa melihat tangan kita kotor atau bersih, kita bisa merusak kornea mata jika keseringan mengucek mata, juga bisa mengganggu pembuluh darah di mata, serta menimbulkan tampilan di sekitar mata kita cenderung berkerut, jadi ada baiknya kita gunakan tetes mata yang baik, bila terasa ada kotoran di mata atau merasa gatal.

2. Membaca sambil tiduran

Sangat nyaman sekali bila kita membaca sambil merebahkan badan di tempat tidur atau kursi, namun tahukah bila kita sambil tiduran maka jarak antara mata dengan objek yang kita baca sulit di atur, dan pada akhirnya sering kali mata menjadi cepat lelah, dan perilaku ini bisa merusak mata.

3. Melihat layar komputer terlalu lama

Kita semua sudah pada tahu bahwa melihat Monitor Komputer terlalu lama menyebabkan mata cepat lelah dan layar komputer di yakini memiliki radiasi yang bisa merusak mata, jadi kurangilah frekuensi didepan komputer, jangan lupa ngedip.

4. Jangan membaca dengan Cahaya minim

Kemampuan mata untuk beradaptasi memang luar biasa, namun jangan sampai kita memaksa mata untuk melakukan hal yang bisa membuat lensa mata bisa menebal dan menipis serat memaksa pupil melebar, ini biasanya terjadi bila kita membaca dengan cahaya yang minim, kalau ini terus menerus terjadi mata kita bisa rusak.

5. Memiliki lensa kontak yang tidak bersih

Saat ini banyak sekali yang memakai lensa kontak karena di anggap lebih praktis daripada kacamata, dan makin kesini semakin berkembang pemakaian lensa kontak untuk estetika, dan seringkali kita kurang merawat lensa kontak yang kita miliki, hal yang paling sering terjadi adalah timbulnya iritasi pada mata, jadi disarankan untuk rutin mencuci lensa dan mengeringkan tangan anda serta tidak memakai lensa kontak ketika tidur.

Sumber : http://www.kabarmaya.com/241698-5-perilaku-merusak-mata.html

No comments:

Post a Comment