Wednesday 27 May 2015

5 Keuntungan Jadi Vegetarian


Vegetarian merupakan sebuah pola hidup dimana seseorang tidak memakan atau mengkonsumsi hewan, tetapi memilih untuk hanya memakan bahan makanan nabati saja. Menjadi seorang vegetarian tentu tidak mudah, apalagi kalau anda suka sekali makan daging hewan. Hal ini mungkin membuat anda sedikit tersiksa.

Namun menjadi seorang vegetarian bukanlah sebuah paksaan atau kewajiban. Karena banyak orang menjadi vegetrian kemungkinan karena manfaat sehat yang akan di dapatkan. Mengenai hal ini berikut beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan ketika menjadi seorang vegetarian.

1. Nutrisi Lebih Sehat Dari Daging Dan Makanan Olahan Secara Kimiawi

Jumlah signifikan manfaat gizi yang dari seorang vegetarian berasal dari makanan seperti buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, susu, dan kedelai. Makanan vegetarian yang seimbang yang terdiri dari lemak sehat (lemak tak jenuh), protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral seperti magnesium, fosfor dan kalsium dapat menambah nilai gizi yang sangat besar. Kualitas dan kuantitas semua nutrisi penting jauh lebih baik dibandingkan dengan makanan yang berasal dari daging olahan dan makanan yang diolah secara kimia.

2. Jantung Sehat

Makanan seorang vegetarian secara alami lebih untuk rendah lemak jenuh dan kolesterol, serta nutrisi yang lebih tinggi pada tanaman daripada makanan yang berbasis daging. Vegetarian telah terbukti memiliki risiko 24 persen lebih rendah dari kematian akibat penyakit jantung dibandingkan non-vegetarian. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi tinggi daging merah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 50 persen di antara penderita diabetes. Diet vegetarian rendah lemak adalah satu-satunya cara yang paling efektif untuk menghentikan perkembangan penyakit arteri koroner atau mencegahnya sama sekali. Pasien jantung yang telah beralih ke diet vegetarian juga telah mampu membalikkan kondisi dari penyakit jantung koroner kritis.

3. Pencegah Kanker

Seorang Vegetarian sekitar 40 persen lebih rendah untuk terserang kanker dibandingkan pemakan daging. Sumber utama kontaminasi radiasi nuklir pada manusia adalah dari daging sapi dan produk susu. Berbagai penelitian telah menghubungkan konsumsi daging dengan kanker payudara, usus besar, prostat, pankreas, dan lambung. Studi yang dilakukan di Pusat Penelitian Kanker Jerman di Heidelberg menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh seorang vegetarian lebih efektif dalam membunuh sel-sel tumor daripada pemakan daging ‘.

4. Hidup Lebih Lama

Orang-orang yang mengonsumsi daging dan produk daging memiliki jangka hidup yang lebih pendek karena mereka lebih rentan terhadap penyakit dan racun. Mereka juga lebih mungkin untuk menibulkan cacat menjelang akhir hidup mereka. Produk Daging kaya lemak jenuh menyumbat arteri, menurunkan energi Anda dan memperlambat sistem kekebalan tubuh Anda. Pemakan daging juga mengalami percepatan kognitif dan disfungsi seksual pada usia yang lebih muda.

5. Lebih Kurus

Sebuah studi dari Imperial College, London menemukan bahwa mereka yang makan sekitar 250 gram daging merah, unggas, atau daging olahan dalam sehari akan mendapatkan berat badan yang lebih selama lima tahun daripada mereka yang makan sedikit daging, bahkan jika mereka mengkonsumsi jumlah kalori yang sama secara keseluruhan.

Sebagai seorang vegetarian, Anda cenderung makan lebih banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian yang dikemas dengan antioksidan, yang membantu menetralkan radikal bebas yang menyebabkan bintik-bintik dan keriput. Ini benar-benar dapat memberikan kulit cerah yang sehat, karena antioksidan meningkatkan sirkulasi dan mengubah pigmentasi kulit.

Itulah 5 manfaat yang bisa anda peroleh ketika menjadi seorang vegetarian. Selain itu mungkin anda juga bisa memperoleh manfaat lainnya yang tidak di sebutkan.

No comments:

Post a Comment