Thursday 7 May 2015

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 3 Bulan Pertama Agar Tidak Mudah Muntah


Mengatur gizi makanan sehari-hari sangatlah penting apalagi untuk ibu hamil. Makanan sehat untuk ibu hamil perlu di kontrol karena gizi yang terkandung dalam menu makanan ibu hamil akan menentukan tingkat stimulus dan kecerdasan otak sang bayi.

Banyak mitos mengatakan bahwa ibu hamil harus makan 2 kali lipat karena sedang “ berbadan dua “. Itu semua hanya sebuah mitos belaka, yang benar adalah makanlah 2 kali lebih bergizi, bukan 2 kali lebih banyak.

Bagaimana cara mengatur asupan gizi ibu hamil? Makanan yang kita makan, sebaiknya di atur agar “ tepat sasaran ”. Berikut merupakan uraian menu makanan untuk ibu hamil yang disesuaikan dengan umur dari janin.

1. Sereal


Anda dapat mengatasi gangguan mual di pagi hari dengan mengkonsumsi sereal. Selain memiliki variasi rasa yang beragam, di dalam sereal juga mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat, kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin. Kandungan dari gandum utuh juga dapat menghasilkan energi dan serat yang disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil.

2. Produk Susu


Kandungan yang terdapat di dalam susu dapat membantu anda dalam meningkatkan pertumbuhan jaringan baru pada bayi, memperbaiki jaringan yang rusak dan pembentukan otot serta sebagai alat transportasi oksigen ke janin. Dengan terpenuhinya kebutuhan protein dan mineral maka dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan bayi.

3. Buah dan Sayur


Pada kehamilan trimester pertama kandungan vitamin C dari jus jeruk dibutuhkan untuk menambah kekebalan tubuh dan memerangi infeksi. Selain itu kandungan dari asupan makanan yang kaya akan kandungan zat besi dapat mencegah dari anemia.

4. Ikan


Makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega 3 dapat membantu pembentukan otak janin meskipun demikian anda harus berhati-hati karena kandungan merkuri pada jenis ikan tertentu akan mengganggu perkembangan janin.

5. Kacang-kacangan


Tambahkan pula makanan jenis kacang-kacangan yang diperlukan dalam pengembangan sistem saraf pada bayi misalnya kacang hijau yang akan kandungan asam folat dan vitamin B.

6. Air dan Vitamin


Kandungan air dan vitamin penting untuk diperhatikan. Bagi ibu hamil yang seringkali mengalami mual maka anda dapat mengkonsumsi lebih banyak air putih yang dicampurkan dengan sari buah tanpa tambahan gula.

Penting untuk menambah vitamin yang mendukung masa kehamilan apalagi di usia kehamilan muda. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada bidan atau dokter untuk mendapatkan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan kandungan anda.

Adapun contoh panduan makanan yang dapat anda gunakan pada kehamilan triwulan pertama adalah sebagai berikut :

Sarapan :
- Jus Buah
- Nasi Goreng
- Telur mata sapi
- Susu / susu khusus kehamilan

Makan siang :
- Nasi
- Sayur Bening
- Ikan bumbu kuning
- Tempe goreng
- Buah Jeruk

Makan Malam :
- Nasi
- Bistik
- Bakwan Jagung
- Selada Buah
- Susu (menjelang tidur)

2 comments: