Saturday 9 May 2015

5 Manfaat Sirih Untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional


Manfaat sirih sangat terkenal karena dapat membantu berbagai masalah kesehatan & pengobatan sama baiknya dengan herbal lain. Sirih juga dikenal dengan khasiatnya dalam membantu masalah kewanitaan seperti keputihan dan masalah lainnya.

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, daun sirih sangat ampuh dalam memerangi berbagai masalah kesehatan.

Kandungan Gizi dalam Sirih

Sifat bahan yang kuratif dan penyembuhan ini, mengandung vitamin seperti vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin dan karoten. Ini juga merupakan sumber kalsium yang baik. Sebuah analisis pada daun sirih menunjukkan bahwa daun sirih berisi  6,1% karbohidrat, 3,1% protein, 0,8% lemak, 2,3% mineral dan 2,3% serat per 100 gram. Sejumlah kandungan ini membuat sirih menyimpan sejumlah manfaat seperti berikut :

Manfaat Sirih Untuk Kesehatan

1. Mengatasi Skizofrenia

Pada penelitian awal menunjukkan bahwa perbaikan, pada pasien dengan gejala skizofrenia yang mengkonsumsi sirih, menurut NIH. Obat skizofrenia yang biasa diberikan menghasilkan efek samping yang tidak menyenangkan, memicu upaya lebih lanjut untuk menemukan pengobatan baru. Namun NIH juga mencatat bahwa sirih dapat memberikan efek samping tremor dan kekakuan dalam penelitian skizofrenia.

2. Menjaga Kesehatan Mulut

Sirih memiliki sifat anti bakteri, sehingga membuatnya banyak dimasukkan sebagai bahan pembuatan pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang. Sifat anti bakteri yang terdapat dalam sirih ini mungkin merupakan agen terapi masalah gigi seperti juga yang dapat kita temui pada manfaat strawberry, manfaat lemon yang baik untuk kesehatan gigi.

3. Mencegah Mulut Kering

Orang pada zaman dahulu sering mengunyah sirih, hal ini sebenarnya cenderung menghasilkan sejumlah besar air liur. Orang yang mengalami masalah dengan mulut yang kering ini, dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti diabetes dan sindrom Sjogren. Inteli Health menjelaskan bahwa sirih dapat menjadi obat yang lebih aman untuk meringankan gejala ini.

4. Antiseptik Alami

Kandungan alami memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Karena pada daun sirih terdapat kandungan zat antiseptik yang aktif berperan dmembunuh bakteri. Sifat antiseptik yang dimiliki daun sirih disebabkan dari turunan fenol yaitu kavikol, dimana sifat antiseptiknya 5x lebih efektif bila dibandingkan fenol biasa.

5. Menghilangkan Bau Badan

Terapi daun sirih ternyata juga mampu menghilangkan bau badan berlebihan. Caranya :

- Ambil beberapa lembar daun sirih
- Direbus dengan 2 gelas air
- Angkat air ketika air sudah berkurang menjadi satu gelas
- Gunakan untuk mandi setiap hari untuk menghilangkan bau badan.

No comments:

Post a Comment