Saturday 9 May 2015

Sejumlah Kandungan dan Manfaat Daun Sirih


Kandungan dan manfaat daun sirih. Daun sirih memiliki banyak manfaat, jadi sayang jika kita tidak menggunakannya. Jangan heran jika di daerah terpencil daun sirih banyak ditemukan di sekitar rumah karena daun sirih merupakan obat dan menjadi dokter bagi mereka.

Daun sirih sangat kaya akan kandungan zat berkhasiat, antara lain, cyneole, hidroksikavicol, tanin, diastase, gula, dan paticaryophyllene, cadinene, minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana.

Pengaruh bahan aktif yang terkandung dalam semua bagian tanaman sirih adalah untuk merangsang saraf pusat, merangsang kecerdasan, meningkatkan gerakan peristaltik, merangsang kejang, angin turun mendengkur. Daun sirih memiliki efek mencegah ejakulasi dini, anti – kejang, analgesik, anestesi, analgesik pada kejang otot, tekanan kontrol gerak, mengurangi sekresi cairan pada mrs V, penekan kekebalan tubuh, pelindung hati, dan antidiare.

Tanaman sirih juga dikenal untuk menangani batuk, bronkitis, menghilangkan bau badan, mengobati luka bakar, mimisan, bisul, gatal-gatal dan mata merah, perih dan gatal, menghentikan pendarahan gusi, borok, menghilangkan bau mulut, keputihan, mengatasi jerawat, dan mengurangi produksi ASI yang berlebihan.

Dengan mengetahui substansi dan manfaat yang terkandung dalam tanaman sirih dapat membuka hati kita untuk obat alami. Ada banyak tanaman dan tumbuhan yang belum digunakan dalam pengobatan penyakit secara alami.

No comments:

Post a Comment