Friday 8 May 2015

Macam-Macam Logam Berat di Mainan Anak


Di dunia ini ada banyak sekali material bumi atau sintesis yang memiliki ciri dan juga manfaat serta bahayanya bagi manusia dan juga lingkungan. Salah satunya adalah kehadiran logam berat. Logam berat adalah sebuah logam yang memiliki berat jenis tinggi sehingga jika logam berat ini masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan terjadi ketidakseimbangan dan cenderung untuk membuat endapan dalam tubuh. Tentunya hal ini adalah hal yang berbahaya bukan? Dan bagaimana jika logam berat ini masuk ke dalam tubuh anak Anda? Hal ini karena di dalam mainan anak juga ada sebuah logam berat yang terkandung entah itu dari bahannya atau dari proses pengolahannya yang kurang baik. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa macam logam berat yang ada di mainan anak yang perlu untuk dihindari.

1. Merkuri (Hg)


Macam logam berat yang pertama yang ada di mainan anak-anak adalah sebuah logam berat raksa atau yang biasa disebut dengan merkuri. Memiliki rumus kimia Hg, jenis logam berat yang satu ini biasanya terkandung di dalam alat kosmetik terutama untuk pemutih kulit. Namun kini keberadaan merkuri juga bisa ada di dalam mainan anak-anak. Biasanya mainan anak-anak yang memiliki warna sangat putih dan juga bahan pewarna putih ini akan banyak mengandung logam berat yang satu ini. Karena logam berat ini, bisa menyebabkan beberapa ketidakseimbangan tubuh, menyebabkan ketulian dan juga gagal ginjal.

2. Cadmium (Cd)


Bisa dikatakan logam berat yang satu ini adalah logam berat yang cukup berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia. Hal ini karena logam berat ini adalah senyawa beracun yang biasanya ada di dalam air sungai yang memiliki tingkat pencemaran limbah yang tinggi. Hal ini tentunya membuat Anda perlu untuk hati-hati bukan? Karena di jaman ini sudah banyak mainan anak-anak yang secara sengaja atau tidak sengaja tercemar logam berat bernama cadmium yang memiliki rumus kimia Cd ini sehingga hal ini bisa mengganggu anak Anda. Bisa dikatakan bahwa dampak yang disebabkan oleh cadmium ini adalah gangguan pada tekanan darah, tekanan darah akan menjadi sangat tinggi sehingga akan membuat jantung menjadi abnormal karena kerusakan.

3. Timbal (Pb)


Diantara macam logam berat yang akan kita bahas kali ini, seperti jenis logam berat yaitu timbal ini adalah jenis yang paling banyak ada di dalam alat-alat kebutuhan rumah tangga. Bahkan kini mainan anak-anak yang harusnya dibuat menjadi alat yang bersih dan aman ini juga bisa terkontaminasi oleh logam berat yang memiliki rumus kimia Pb ini. Hal yang biasa diakibatkan oleh adanya logam beat ini adalah gelisah, mual, muntah, diare dan juga adanya gangguan saraf pusat. Hal ini menjadi sangat serius jika konsumsinya sudah tidak terkendali dan banyak sekali masalah-masalah yang juga menyangkut pergerakan otot manusia.

4. Krom (Cr)


Meskipun keberadaan jenis logam berat yang satu ini cukup sedikit di dalam mainan anak-anak, namun ternyata efeknya bisa memperlihatkan kejelasan. Logam berat yang bernama krom ini adalah logam berat yang ternyata bisa menimbulkan masalah pencernaan berupa mual, muntah dan diare jika tidak sengaja terkonsumsi manusia dalam jumlah tertentu. Selain itu, juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan jaringan mukosa manusia, dan jika hal ini tidak segera diatasi, bisa saja penyakit serius seperti kerusakan hati bahkan hingga kanker paru akan dialami oleh manusia tersebut.

No comments:

Post a Comment