Buku adalah jendela dunia bagi siapa pun, tak
terkecuali entrepreneur. Koleksi Buku yang Perlu Dimiliki Entrepreneur Web :
1. Ide dan Produk
2. Customer Service
3. Venture Capital
4. Marketing
5. Biografi
Berikut adalah sejumlah koleksi buku yang perlu dibaca
oleh entrepreneur yang bergerak di bidang web. Daftar ini disarikan dari
penjelasan Erica Virtue, Co-founder, Vitogo.com. Semua buku ini dikelompokkan
berdasarkan tema-tema utama yang sangat relevan bagi entrepreneur yang akan
bergelut dalam dunia startup digital.
Tema Entrepreneurship
Buku ini merupakan koleksi wawancara dengan para
pendiri perusahaan teknologi terkenal mengenai hal yang terjadi di awal
pendirian usaha mereka. Di dalamnya juga dimuat berbagai kisah dari para
pendiri seperti Steve Wozniak (Apple), Caterina Fake (Flickr), Mitch Kapor
(Lotus), Max Levchin (PayPal), dan Sabeer Bhatia (Hotmail).
Buku ini sangat bagus dibaca jika Anda
mempertimbangkan mendirikan sebuah startup atau jika Anda sudah memilikinya,
dan hendak mendengarkan sejumlah saran dan nasihat serta motivasi dari para
entrepreneur yang membuatnya.
Buku ini berfokus pada pembahasan bagaimana memulai
semua dan menjalankannya, termasuk usaha baru, acara atau ide apapun. Panduan
berguna dan praktis dari Guy Kawasaki ini didasarkan pada pengalamannya selama
bekerja di Silicon Valley sebagai pendiri startup, evangelist di Apple, seorang
venture capitalist dan seorang penulis.
Ia mendorong para entrepreneur untuk memikirkan makna,
membuat mantra, dan memulai. Bagian FAQ membahas berbagai pertanyaan yang orang
miliki dalam benak mereka saat memulai usaha.
Selama 5 tahun, Jim Collins dan timnya menganalisis 11
perusahaan untuk menguak faktor-faktor penentu kesuksesan mereka, mengapa
sebagian perusahaan mampu melompat dari tingkatan "payah" ke
tingkatan "luar biasa" sementara yang lain makin tenggelam. Collins
menemukan bahwa kuncinya ialah sesuatu yang disebut sebagai "Konsep
Landak" (Hedgehog Concept). Ini merupakan suatu produk atau layanan yang
menggiring perusahaan agar mampu melejit melampaui semua pesaingnya.
Tema Ide dan Produk/ Market
"The Four Steps to the Epiphany" oleh Steve
Blank
Berdasarkan pada kuliah Steve Blank di sekolah bisnis
Berkeley, buku ini menerangkan proses pengembangan pelanggan yang melengkapi
proses pengembangan produk sebuah startup. Blank memberikan strategi rinci
mengenai cara mengatur penjualan, marketing dan pengembangan bisnis untuk
sebuah perusahaan atau produk baru.
"The Lean Startup" oleh Eric Ries
Dalam buku ini, penulis menggambarkan metodologi
"Lean Startup" yang mengemukakan penciptaan purwarupa yang cepat yang
didesain untuk menguji asumsi pasar dan menggunakan masukan dari konsumen untuk
mengembangkannya dengan lebih cepat daripada menggunakan praktik pengembangan
produk tradisional. Ries diilhami oleh proses manufaktur yang efisien, yang
berfokus pada penyingkiran tugas atau investasi apapun yang tidak menghasilkan
manfaat bagi konsumen. Ide pokoknya ialah mengurangi 'buangan', belajar dengan
cepat, membuat keputusan yang didasarkan pada data, fokus pada manfaat bagi
konsumen, dan beralih ke yang lain saat diperlukan.
Buku "Made to Stick" menjelaskan mengapa
sebagian ide berkembang dan yang lain tidak. Heath bersaudara ini menuliskan
hal yang membuat sebuah ide melekat dan bagaimana Anda dapat membuat startup
Anda lebih baik dengan menggunakan "prinsip skala manusia", “Velcro
Theory of Memory” dan menciptakan "jurang keingintahuan".
Tema Customer Service
Dalam buku ini, CEO Zappos Tony Hsieh menjelaskan
riwayat karirnya sebagai entrepreneur dan berbagi berbagai pengalaman mengenai
cara mendirikan bisnis ritel online yang sukses dengan memfokuskan diri pada
layanan konsumen yang sangat dijaga baik dan budaya perusahaan yang prima.
"Saya ingin menulis sebuah buku untuk membahas
perjalanan yang saya tempuh dalam kehidupan ini sehubungan dengan hal yang akan
membawa kebahagiaan jangka panjang bagi diri saya dan hal yang secara tak
sengaja saya temukan ialah bahwa Anda sebenarnya bisa mengambil konsep dari
kebahagiaan dan menerapkannya ke dalam konteks bisnis," kata Hsieh.
Dalam buku ini, entrepreneur multitalenta Gary Vaynerchuk
berbagi nasihat bagaimana perusahaan apapun bisa memberikan perhatian yang
personal dan terfokus pada setiap pelanggan seperti yang dilakukan banyak
perusahaan masa lalu dengan menggunakanplatform jejaring sosial yang sama yang
akan membawa brand melambung.
Menurut Vaynerchuck, jejaring sosial bukan sebuah cara
baru untuk melakukan bisnis tetapi sebuah alat untuk e mnungkinkan kita kembali
kepada saat perusahaan hidup dan mati karena yang dikatakan oleh konsumen
mereka dan oleh pengaruh orang satu sama lain. Itu berarti setiap orang yang
bersinggungan dengan bisnis kita harus merasa diperlakukan dengan layak.
Buku ini menunjukkan bagaimana berinteraksi dengan
para konsumen secara apa adanya dan tulus di jejaring sosial bisa menciptakan
kesetiaan terhadap brand yang dimiliki sebuah perusahaan dan termasuk berbagai
contoh terkini dan detil seperti Zagat dan Yelp.
Tema Venture
Capital
Terinspirasi oleh serangkaian artikel blog yang
ditulis direktur pengelolaan Foundry Group, Venture Deals menyingkirkan mitos
proses pendanaan VC. Ini buku yang patut dibaca oleh entrepreneur yang ingin
mencapai kemajuan melalui berbagai tahapan pengumpulan dana dan buku ini dapat
membantu Anda menghindari sejumlah kesalahan entrepreneur baru.
Di sini, Anda akan menemukan pembahasan yang teratur
mengenai mekanisme Term Sheet, bagaimana valuasi dilakukan, dan bahkan ada
penjelasan mengenai contoh-contoh dokumen baku yang digunakan dalam transaksi
VC. Buku yang perlu dimiliki oleh Anda yang sedang ingin mendapatkan pendanaan
dari VC.
Jeffrey Bussgang memberikan berbagai pandangan tingkat
tinggi, berbagai kisah inspiratif, dan nasihat praktis yang dikumpulkan dari
pengalamannya dan dari sejumlah wawancara dengan beberapa entrepreneur sukses
dan venture capitalists, termasuk pendiri Twitter Jack Dorsey dan pendiri
LinkedIn Reid Hoffman. Ia menunjukkan bagaimana seorang entrepreneur bisa
dikenal, memberikan presentasi yang persuasif dan efektif, dan berunding
mengenai kemitraan yang akan menguntungkan kedua belah pihak.
Anda akan menemukan sebuah buku yang bagus untuk
mengenal dunia VC dan ulasan umum mengenai cara kerja VC dan hal-hal yang bisa
diharapkan dari VC.
Don’t Make Me Think! secara ringkas menjelaskan semua
hal yang entrepreneur perlu ketahui saat inginmmemulai berbisnis dengan
kegunaan web. Dalam buku ini, pakar kegunaan Steve Krug membahas bagaimana
mendesain halaman-halaman web untuk dipindai, tidak membaca dan bagaimana
menulis untuk web. "Saat saya menulis buku ini, niat saya adalah membantu
prang utnuk belajar berpikir seperti pakar: menanyakan pertanyaan yang sama
yang ada dalam benak saya saat saya mengulas kegunaan."
“Above the fold” ialah konsep desain yang mengacu pada
lokasi kisah berita penting atau foto yang secara visual menarik di separuh
halaman muka atas surat kabar (atau untuk halaman web, bagian halaman yang
tampak jelas tanpa scrolling). Anda akan menemukan poin-poin penting komunikasi
grafis efektif dalam desain web. Ada 3 bagian dalam buku ini yang berfokus apda
desain situs, perencanaan dan kegunaan, dan SEO dan masalah marketing lainnya.
Anda akan banyak belajar mengenai aspek-aspek penting web design di sini.
Buku ini pada dasarnya blog "Signal vs.
Noise" yang banyak membicarakan mengenai desain dan kegunaan dalam format
buku. Penulis berbagi filosofi penting dalam keberhasilannya dan mendorong Anda
untuk memikirkan kembali semua hal yang Anda pikir Anda sudah ketahui mengenai
strategi, konsumen dan lain-lain.
Tema Marketing
Bergantung pada siapa yang Anda ajak bicara, mungkin
akan ada lebih dari 7 " dalam marketing, misalnya penentuan harga, produk,
promosi, publisitas, pengemasan, penempatan, proses, bukti fisik, dan sumber
daya manusia. Menurut Seth Godin, para pekerja marketing mengabaikan P yang
paling penting" Purple Cow alias sapi ungu.
Sapi menurutnya adalah hewan yang membosankan namun
sapi ungu ialah semua hal yang fenomenal, konterintuitif, menyenangkan atau
luar biasa. Setiap hari, konsumen mengabaikan banyak sapi biasa namun Anda bisa
bertaruh mereka tidak akan mengabaikan sapi ungu.
Geoffrey Moore berpendapat bahwa produk-produk
berteknologitinggi membutuhkan strategi marketing yang bagus yang berbeda dari
strategi yang dipakai di industri lainnya. Para pengadopsi awal sebuah
teknologi tidak selalu serupa dengan pasar mainstream yang menjelaskan mengapa
sebagian produk berteknologi tinggi memiliki penjualan awal yang tinggi.
Tema Biografi
Buku ini mencakup berbagai fase mengenai kehidupan
Steve Jobs, dari adopsinya, masa kuliah, Apple, NeXt, Pixar dan kemudian Apple.
Buku ini sangat komprehensif dan objektif. Walter Isaacson tidak menutup-nutupi
fakta mengenai kepribadian Jobs dan hal-hal aneh dalam diri sang entrepreneur
tersebut. Buku ini tebal namun sangat patut dibaca dari halaman ke halaman.
Buku-buku lain yang tidak kalah inspiratif dan
memberikan banyak pengetahuan dan wawasan bagi entrepreneur seperti Anda ialah:
1. The 4-Hour Workweek - Tim Ferriss
2. Crush It! – Gary Vaynerchuck
3. Do More Faster – Brad Feld dan David Cohen
4. Getting Real – 37 Signals
5. Built to Last – Jim Collins
6. The Accidental Billionaires - Ben Mezrich
7. Where Good Ideas Come From – Steven Johnson. (esbe/Akhlis)
No comments:
Post a Comment