Era teknologi seperti saat ini
membuat segala aktifitas baik pendidikan hingga perdagangan semakin mudah. Toko
online adalah salah satu contohnya. Sebuah toko yang biasanya ada di pinggir
jalan, atau ada di dalam mall kini bisa kita jumpai di berbagai halaman website
atau fanspage media sosial. Kemudahan membuat dan mengontrolnya membuat banyak
orang yang sebelumnya buta teknologi semakin ingin mencoba berbisnis online.
Tapi tahukah kita para Newbie ini tidak jarang melakukan kesalahan yang
menyebabkan bisnis online mereka tidak mampu meraup keuntungan sesuai target.
Apa saja itu? Ini dia, dikutip Detik.com:
1. Tidak tahu target pasar
yang dituju
Bisnis apapun yang akan
dijalankan harus memiliki rencana dan tujuan yang jelas, salah satunya yaitu
memiliki target yang jelas. Terutama bisnis online, mereka harus memiliki
target bisnis yang jelas. Anda harus tau siapa target Anda, usia berapakah
mereka, tinggal dimana, status mereka hingga sampai kisaran penghasilan mereka.
Anda harus bisa menentukan dan menargetkan pasar yang jelas untuk bisnis online
Anda, agar proses promosi dapat berjalan dengan mudah.
2. Tidak memaksimalkan media
sosial
Bisnis online memang
memiliki perlakuan yang berbeda dengan bisnis pada umumnya. Rana atau wilayan
pemasaran mereka lebih jauh dari pada bisnis biasanya. Salah satu media yang
bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis online adalah media sosial. Tidak
jarang pemilik bisnis online akan menggunakan media sosial bagi promosi mereka,
karena cakupan target pasar jauh lebih luas. Tapi ada pula yang masih tidak
mengerti bagaimana memanfaatkan media sosial dengan baik. Padahal jenis dan
macam media sosial saat ini sudah sangat banyak, mulai dari Facebook, Twitter,
Instagram, Pinterest, Path dan masih banyak lagi. Bisnis online harus bisa
memaksimalkan penggunaan media sosial ini untuk bisa mencapai target yang
mereka tuju.
3. Tidak tahu keunikan Anda
Terkadang ketika ingin menciptakan dan memiliki keuntungan berlipat
dalam satu kali usaha pemilik bisnis online akan menjual berbagai macam barang
dalam satu toko. Tidak salah memang tapi cara ini tidak akan membuat kita
dengan mudah mendapatkan pelanggan dan meraup keuntungan dari penjualan. Bisnis
online yang baik akan tahu apa keunikan dan perbedaan yang mereka miliki
dibanding dengan bisnis biasanya. Anda bisa saja menjual berbagai macam barang
dalam satu toko, tapi apakah pelanggan Anda menyukai itu? Lebih banyak
pelanggan suka datang ke sebuah toko yang khusus menjual satu produk saja. Ini
akan terlihat lebih profesional dan intens terhadap kebutuhan pelanggan. Lalu
apakah Anda juga seperti ini? Temukan dan segera bangun keunikan yang bisnis
online Anda miliki.
4. Tidak memiliki persediaan
yang memadai
Tidak sedikit dari pebisnis
online yang masih baru mencoba dunia ini akan melupakan satu hal yang paling
penting, yaitu melakukan dan menyiapkan persediaan secara tepat. Segala
perhitungan baik dari permintaan, kemampuan hingga kebutuhan harus Anda
perhatikan. Anda harus mampu memanfaatkan waktu dan sumber daya dengan lebih
bijaksana. Jika memang Anda tidak mampu untuk menyiapkan barang dalam jumlah
yang besar, Anda bisa menyarankan atau bekerjasama dnegan distributor yang
khusus bagi bisnis Anda.
5. Tidak fokus
Ketika Anda baru meluncurkan
sebuah toko online, Anda pasti dihadapkan dengan banyak pilihan untuk memilih
produk apa saja yang akan Anda jual. Anda harus mempersiapkan foto produk dan
segala persediaan produk tersebut. Yang harus dilakukan pemilik bisnis online
adalah memaksimalkan upaya promosi produk tersebut. Anda bukan tidak boleh
untuk memperbarui produk di toko online Anda, tapi fokuslah pada satu jenis
yang benar – benar ingin Anda kembangkan dan maksimalkan. (bn/detik.com)
No comments:
Post a Comment