Friday 24 April 2015

10 Hal Yang Tidak Kamu Ketahui Seputar Hidung


Hidung merupakan salah satu organ manusia yang berperan penting dalam kelanjutan hidup manusia. Hidung berfungsi sebagai alat penciuman dan juga pernapasan.

Udara keluar masuk dari hidung, mencium suatu makanan dengan menggunakan hidung, dapat membedakan antara makanan yang satu dengan makanan yang lainnya dengan menggunakan hidung.

Hidung memang memiliki banyak fungsi, tapi ada banyak sekali hal yang tidak diketahui oleh orang-orang mengenai hidung.

Nah, berikut ini ada sepuluh hal yang tidak kamu ketahui seputar hidung. Mau tau seperti apa ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini :

1. Panjang hidung wanita dengan panjang hidung pria sangat berbeda jauh. Panjang hidung wanita sekitar 5,1 sentimeter dan tingginya sekitar  2,2 sentimeter.

2. Tahukah kamu bahwa panjang rambut hidung secara normal adalah dua meter dari masing-masing folikel (lubang kecil dalam hidung).

3. Titik tempat hidung Anda bertemu dengan dahi disebut nasion.

4. Hidung juga bisa diubah menjadi lebih bagus lagi yaitu dengan cara “pengembang hidung”, kuningan yang dirancang untuk mengubah bentuk hidung yang kurang bagus menjadi lebih bagus. Cara ini ditemukan oleh Profesor Lees Ray dari Liverpool.

5. Harus kamu ketahui bahwa hidung dibagian ujung selalu dalam keadaan basah. Kondisi basah ini digunakan oleh hidung untuk menangkap bau di sekitarnya.

6. Hidung juga dijadikan sebagai hukuman, salah satunya yang terjadi pada abad ke 11.

7. Hidung juga bisa di asuransikan, seperti yang dilakukan oleh Ilja Gort, pembuat anggur asal Belanda. Ia mengasuransikan hidungnya sebesar 5 juta euro atau sekitar Rp 70 miliar pada 2008.

8. Hidung juga bisa dijadikan sebagai bantuan untuk bermain bilyar, seperti yang dilakukan oleh William Dufton, dari Inggris pada tahun 1873.

9. Alur yang ada di atas bibir dekat hidung tersebut ternyata berfungsi sebagai pelembab ujung hidung agar hidung selalu lembab yag didapat dari uap air dari mulut ke hidung.

10. Tahukah kamu bahwa hidung sudah bermanfaat kecil untuk mengajarkan anak-anak agar bisa membedakan suatu barang atau suatu makanan dengan baunya.

Nah, itulah dia ke sepuluh fakta unik tentang hidung yang belum banyak diketahui oleh orang orang.

No comments:

Post a Comment