Monday 1 February 2016

Modal Kecil Bukan Hambatan Berbisnis


Modal kecil bukanlah hambatan untuk tidak memulai usaha, yang penting yakin dan dimulai pasti ada jalan. Dengan modal kecilpun, kita bisa jadi pengusaha, bahkan tanpa modalpun hal tersebut bisa dilakukan, asal tahu caranya.

Terdapat beberapa tips agar kita bisa sukses membangun usaha walaupun dengan modal tidak besar. Yakinlah semua pengusaha sukses pun juga memulai usaha mereka dengan modal yang tidak besar

Perlu strategi dan komitmen supaya bisa sukses usaha walau hanya dengan modal kecil. Pilihlah usaha yang tidak perlu modal besar, misal kuliner, laundry (mesin sewa), atau reseller produk. Untuk sewa tempat, sewalah yang bisa diajak untuk profit sharing tanpa membayar di awal, atau dengan mencicil. Selain itu, carilah mitra usaha ketika menyewa tempat, sehingga biaya sewa bisa dibagi dengan mitra usaha.

Tak ketinggalan, buatlah rencana bisnis yang baik. Dengan adanya rencana bisnis kita bisa mendapatkan investor potensial.


Pastikan rencana bisnis dibuat secara rinci dengan profit sharing yang jelas. Walau modal kecil, tetap jaga kualitas, bangun kpercayaan konsumen dan jujur agar konsumen Anda setia. (esbe/ciputraentrepreneurship)

1 comment: