Thursday 19 February 2015

10 Makanan yang membuat kenyang lebih lama


Inilah 10 jenis makanan yang dapat membantu program diet anda karena membuat anda kenyang lebih lama.

Anda sedang diet ada baiknya anda mengetahui makanan apa saja yang dapat membuat anda selalu merasa kenyang dan alhasil anda akan tidak cepat merasa lapar dan diet pun akan terasa menyenangkan.Nah makanan apa saja yang perlu anda ketahui agar anda selalu merasa kenyang lebih lama.

Berikut adalah 10 Makanan yang membuat kenyang lebih lama :

1. Alpukat
Menurut penelitian dalam Journal Nutrition, makan setengah alpukat saat makan siang bisa membuat Anda merasa kenyang hingga sisa sore hari. Perempuan yang melakukannya merasa 22% lebih puas dan keinginan 24% lebih kecil untuk nyemil 3 jam setelahnya.

2. Apel
Mengonsumsi apel setengah jam sebelum makan. Serat dan air yang terkandung dalam apel akan membuat kita merasa kenyang dan makan lebih sedikit, begitu ujar Debra Wein, RD, presiden Wellness Workdays

3. Sup
Dalam sebuah penelitian Penn State menemukan bahwa orang-orang yang makan semangkuk sup sayur berkuah kaldu sebelum makan siang dapat mengurangi 20% dari total kalori. “Sup bisa menurunkan nafsu makan karena mereka akan mengisi perut dalam jumlah cukup banyak namun dengan kalori rendah,” ujar Beth Saltz, RD, pemilik nutritionskitchen.com.

4. Lentil biji-bijian dan buncis
Ketiganya adalah superfood berprotein tinggi yang kaya akan serat, antioksidan, vitamin B, dan zat besi. Dalam penelitian dalam jurnal Obesity dikemukakan bahwa mereka merasa 31% lebih puas dan kenyang setelah makan dengan memasukkan menu kacang-kacangan, buncis, dan lentil.

5. Dark chocolate
Ingin yang manis-manis? Camilan satu ini bisa menjadi alternative terbaik. Dark chocolate bisa mengenyangkan lebih baik ketimbang milk chocolate. Menurut penelitian dalam jurnal Nutrition & Diabetes, dark chocolate bisa mengerem hasrat makanan manis dan asin.

6. Oatmeal
Kandungan serat dan protein yang tinggi membuat oatmeal membuat kita merasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga mengandung gula beta-glucan yang menyehatkan jantung.

7. Telur
Mengawali hari dengan memakan telur sebagai sarapan bisa membuat Anda kenyang hingga makan siang. Penelitian Univeristy of Missouri juga mengungkapkan bahwa sarapan tinggi protein seperti telur bisa membuat seseorang mengonsumsi sedikit kalori sepanjang hari.

8. Bubuk cabai
Capcaisin yang terkandung dalam cabai, meningkatkan metabolisme tubuh. Penelitian di Maastricht University juga menunjukkan bahwa menambah sensasi pedas dalam makanan bisa mengontrol nafsu makan. Dengan menambahkan 1/4 bubuk cabai dalam makanan bisa meningkatkan rasa kenyang.

9. Acar
Makanan fermentasi seperti acar dan kimchi mengandung asam lemak rantai pendek yang merangsang produksi hormon yang mempengaruhi nafsu makan. Acar juga mengandung probiotik, bakteri yang membantu pencernaan.

10. Kacang
“Kacang adalah produk alam yang bisa mengontrol nafsu makan karena kacang kaya akan asam lemak tak jenuh yang sehat, dengan bonus protein dan serat,” ujar Cynthia Sass, MPH, RD. Ketiga nutrisi tersebut dapat mengatur gula darah jika dikombinasikan dengan karbohidrat seperti buah, oatmeal, atau beras merah.

Dan yang terakhir untuk tambahanya adalah Air , silahkan anda minum air putih jika anda merasa lapar dan tunggu sekitar 10 menit , Maka rasa lapar anda akan berkurang. Karena seseorang jika sedang kekurangan air bisa membuat berfikiran bahwa sedang lapar.

No comments:

Post a Comment